Profile




A. VISI SEKOLAH: ”PENDIDIKAN YANG MENGHASILKAN PRESTASI DI BIDANG AKADEMIK DAN NON (2016-2021)      AKADEMIK, BERAKHLAK, SERTA PEDULI LINGKUNGAN ”

B. MISI SEKOLAH:      
1.     Meningkatkan disiplin warga sekolah.
2.     Melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif dan tuntas.
3.     Melaksanakan bimbingan belajar secara terprogram.
4.     Meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas siswa dalam bidang olahraga dan seni melalui ekstra kurikuler.
5.     Tertib administrasi.
6.     Melatih siswa membaca Al’quran.
7.     Membudidayakan perilaku beretika dalam kegiatan sehari-hari.
8.     Menggalang kerjasama dengan stake holder dan masyarakat.

9.     Menciptakan siswa yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

C. TUJUAN SEKOLAH:

Bertolak dari Visi dan Misi di atas maka tujuan yang ingin dicapai oleh
SMAN 4 MERLUNG adalah sebagai berikut:

1.      Menjadi sekolah terbaik/teladan di sekitar Merlung.
2.      Terwujudnya layanan pendidikan yang unggul yang ditandai dengan layanan pendidikan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat menggunakan pembelajaran yang kreatif.
3.      Terciptanya lingkungan sekolah yang agamis dan mencintai budaya bangsa.
4.      Memiliki tim olahraga minimal 2 cabang mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.
5.      Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.
6.      Meningkatkan pengetahuan tentang komputer dan mampu menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari serta mengaplikasikannya dalam menunjang informasi.
7.      Memiliki tim olimpiade dan LCC minimal finalis tingkat kabupaten.

8.      Lulusan yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH                           
           
   1.          Kualitas SDM orang tua siswa umumnya masih rendah, sehingga berakibat kurangnya kepedulian mereka terhadap pendidikan.
   2.          Nilai Ujian Nasional yang masuk ke SMAN 4 Merlung umumnya rendah.
   3.          Lingkungan sekitar sekolah, lingkungan masyarakat yang tidak kondusif untuk   mendukung            keberhasilan pendidikan.
   4.          Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa relatif masih rendah, sehingga mempengaruhi   peran aktif mereka untuk memperhatikan sekolah.
   5.          Masih adanya guru yang mengajar tidak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
   6.          Masih ada beberapa guru yang merangkap beberapa mata pelajaran.
   7.          Masih adanya beberapa guru yang motivasi mengajarnya perlu peningkatan.
   8.          Kemampuan Guru dalam mengimplementasikan kurikulum Tingkat Satuan pendidikan   (KTSP) masih perlu peningkatan.
   9.          Belum maksimalnya beberapa orang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.
    10.       Kesadaran siswa tentang hak dan kewajiban umumnya rendah.
    11.       Motivasi belajar siswa masih rendah.
    12.       Kedisiplinan, keaktifan siswa masih perlu peningkatan.
    13.       Kesadaran akan arti pentingnya lingkungan sekolah masih perlu dibenahi.
    14.       Beberapa sarana dan prasarana sekolah belum memiliki ruang sendiri seperti:
                 - Laboratorium Bahasa
                 - Ruang OSIS, Pramuka
                 - Mushala
                 - Ruang Kelas

    15.       Perlunya penambahan Guru untuk memperlancar KBM.

E. SASARAN

1.      Proaktif mencari informasi dari berbagai sumber.
2.      Secara berkala mengadakan musyawarah dengan komite sekolah.
3.      Membahas permasalahan tentang kemampuan siswa menghadapi UN/UAS dengan Dinas terkait.
4.      Melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan gotong royong dan keagamaan sekaligus minta dukungan masyarakat untuk mendukung program sekolah.
5.      Proaktif mencari dana lain selain dari orang tua siswa.
6.      Mengupayakan penambahan guru sesuai dengan kompetensi.
7.      Mengupayakan guru tidak rangkap jabatan dan rangkap mata pelajaran.
8.      Mengikut sertakan guru dalam penataran dan pelatihan-pelatihan dinas dan non kedinasan.
9.      Melakukan pembinaan terhadap guru menyangkut hak dan kewajibannya.
10.    Memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi.
11.    Memiliki tim olimpiade/ LCC yang mampu bersaing di tingkat Kabupaten.
12.    Memiliki tim olahraga yang mampu menjadi finalis di tingkat Kabupaten.
13.    Memiliki tim kesenian yang mampu tampil di tingkat Kabupaten.
14.    Mengusulkan penambahan ruangan Kelas, Labor Bahasa, Ruang OSIS, Pramuka, dan Mushala.
15.    Mengusulkan penambahan Tenaga Administrasi Sekolah.

16.   Mengusulkan Penambahan sarana sekolah seperti : Komputer, Alat Praktik IPA, dan Olahraga.


F. NILAI-NILAI

1.      Kebersamaan
2.      Transparansi
3.      Tanggung Jawab
4.      Saling Percaya
5.      Saling Menghargai
6.      Disiplin
7.      Kreasi dan Inovatif

8.      Pelayanan Prima



KEADAAN DAN POTENSI SEKOLAH

A. Lingkungan Sekolah

            SMAN 4 Merlung  terletak di Jalan Timur Km 86 Desa Dusun Mudo kecamatan Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi. Sekolah ini kira-kira 12 km dari pusat kota. Kecamatan,.dan Cukup jauh dari pemukiman warga,


B. Keadaan Sekolah

1.      Sarana dan Prasarana
a. Tanah dan Halaman
Tanah sekolah  adalah Tanah Hibah  Luasnya kira-kira 8000m2 dan sudah memiliki pagar
                       
                        Status                          : Hibah
                        Luas Tanah                  : 8.000 m2
                        Luas Bangunan           : 750  m 2
                       
           
                  b. Gedung Sekolah

Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik walaupun jumlah ruangan yang masih belum memadai

                        Keadaan Gedung SMAN 4 Merlung

                        Luas bangunan                        : 750 m2
                        Ruang Kepala Sekolah            : 1 baik
                        Ruang TAS                             : 1 baik
                        Ruang Guru                            : 1 baik
                        Ruang Kelas                            : 7 baik
                        Ruang Lab. IPA                      : 1 baik                        : -
                        Ruang Lab. Komputer            ; 1 baik
                        Ruang Perpustakaan               : 1 baik
                        Ruang Serba guna                   : 1 baik
                        Ruang OSIS                            : -
                        Ruang Pramuka                       : -
                        Ruang PMR                            : -
                        Gudang                                   : 1 baik
                        WC/Kamar mandi                   : 4 baik
           
2.      Anggaran Sekolah

Anggaran sekolah berasal dari dana Pemerintah Daerah Tk.II Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi.

Sumber dana pendidikan SMAN 4 MERLUNG


Tahun Pelajaran


Pemerintah Rp

Komite Sekolah Rp
 
  Jumlah Rp




2009/2010
693713300
21000000
714..713.300
2010/2011
792773200
12000000
804.773.200

Alokasi dana ini terutama diperuntukkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan intrakurikuler
            dan ekstrakurikuler dan juga untuk memenuhi kelengkapan sarana belajar peserta didik.

            c. Personil Sekolah

                        SMAN 4 Merlung didirikan pada tahun 2008 dan lokasinya jauh dari pemukiman penduduk pada saat itu. Kepala Sekolah yang telah mengabdi adalah sbb:

1.
ALI AKBAR NASUTION, S.Ag.
(2008 s/d 2009)
2.
NAHRUDIN, S.Pd.
(2009 s/d 2013)
3.
Drs. BASHORI 
(2013 s/d 2016)
4.
ERLIS, S.Pd.
(2016 s/d skrg)

Jumlah seluruh pegawai di SMAN 04 MERLUNG  ada sebannyak 18 orang yang terdiri dari : 
-           19 orang Guru
-            2 orang Tenaga Administrasi Sekolah (TAS).




No.


N A M A

JABATAN
BIDANG
STUDI
YG DIAJARKAN
1.
ERLIS, S.Pd.
Kepala Sekolah
Ekonomi
2.
IDA YULIANTI, S.Pd.
Wakakur
Ekonomi
3.
HERPAMI, M.Pd.
Guru Tetap
Mulok
4.
AGUS HERMAN, S.Pd.
Guru Tetap
PJOK
5.
WIJI MULYANA
Guru Tetap
BK
6.
INDRI SELFIANI
Guru Tetap
-
7.
BENI DESNORA,S.Si.
Guru Tetap
Kimia
8.
JR SIREGAR, S.Sos., M.Pd.
Guru Tetap
Sosiologi
9.
LENNI KUSMALINA, S.Pd.I.
Wakasis
Bahasa Inggris
10.
NOVI ANDRI, S.Pd.
Guru Tetap
Sejarah
11.
ABDURAHMAN, S.Pd.I.
Guru Tetap
PAI
12.
ANJUR PARDOSI,S.Pd
Guru Tetap
Fisika
13.
DINA ROULI LB, S.Pd.
Guru Tetap
Matematika
14.
FRANSISCA RS, S.Pd.
Guru Tetap
-
15.
DAMEANNA S, S.Pd.
Guru Tetap
Geografi
16.
DEWI MULASARI,S.Pd.
Guru Tetap
PKn
17.
AMAT TAHIR, S.Pd.I.
GTT
Biologi
18.
NOVA ARIANTI, S.Pd.
GTT
TIK
19.
EDI PRIONO, S.Pd.
GTT
PJOK
                

TAS ( Tenaga Administrasi Sekolah )

No

       N A M A
            
         JABATAN

STATUS
1
KUKUH ARIYADI
Penjaga Sekolah
PTT
2
MAYA SUSTIYANA, S.Kom.
TU
PTT
Dari sejumlah guru, 94 % adalah berstatus pegawai negeri dan sisanya 6 %  adalah  Guru tidak tetap.
Demikian juga penjaga sekolah 1 orang  PTT

            d. Keadaan Peserta Didik

1.      Jumlah Peserta didik

Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2016/2017 seluruhnya berjumlah 165 orang.
Dengan rincian 2 lokal kelas X, 2 lokal kelas XI dan 3 lokal kelas XII. Jurusan yang ada di SMAN 4 Merlung adalah  Jurusan IPA dan IPS. Kelas XI dengan 1 lokal IPA dan 1 IPS dan Kelas XII dengan 1 lokal IPA dan 2 lokal IPS.

      Jumlah Peserta Didik tahun 2016/2017


Kelas

Jumlah Lk

Jumlah Pr

   Jumlah
X.1
10
15
25
X.2
10
13
25
XI IPA
10
14
25
XI IPS
15
10
25
XII IPA
16
9
25
XII IPS.1
17
8
25
XII IPS.2
16
7
25

Jumlah

94

74

168

Untuk mengatasi berbagai kendala ekonomi, sekolah telah mengupayakan berbagai bantuan dari berbagai pihak. Setiap tahun hampir 150 siswa mendapat bantuan bea siswa dari Pemerintah yaitu Bantuan Keluarga Kurang Mampu dan Bea Siswa Prestasi.


                        Beasiswa peserta didik tahun 2016/2017

           

No.

        ASAL BANTUAN

JUMLAH SISWA YG MENERIMA
1.
Bantuan Siswa Miskin
            20      siswa
2.




                        Profil Tamatan
Tahun Pelajaran
Lulusan (%)
Rata-Rata NEM
Siswa yang Melanjutkan Ke PT.
Jlh
Target
Hasil
Target
Jlh
Target
2010/2011
2011/012
24
34
25
35
70
73
6.0
6.5
7

10
15


                                    Kondisi Orang Tua
Pekerjaan
Jlh
(%)

Penghasilan
per-bulan
Jlh
(%)

Tingkat Pendidikan
Jlh
(%)
Pegawai Negeri
2

< 200.000
8

SD/Lebih Rendah
49
TNI / Polri
0

201.000 – 400.000
22

SLTP
30
Karyawan Swasta
10

401.000 – 600.000
50

SLTA
20
Petani
68

601.000 – 1.000.000
15

Perguruan Tinggi
1
Pedagang Swasta
15

> 1.000.000
5


Nelayan


Lain-Lain
5


E.  Kerjasama Sekolah

1.      Kerjasama dengan Orang Tua
Kerjasama dengan orang tua dilaksanakan melalui Komite Sekolah.
Ada beberapa peranan penting orang tua dalam menunjang proses belajar mengajar di SMAN 4 Merlung, yaitu sbb:
a.       Donatur terbesar dalam menunjang kegiatan KBM dan Sarana Prasarana sekolah.
b.      Mitra sekolah yang paling utama dalam pembinaan pendidikan
c.       Mitra dalam menata masa depan peserta didik.
d.      Mitra dialog dalam peningkatan sumber daya manusia di lingkungan sekolah.

2.      Kerjasama dengan Alummni
Sampai saat ini SMAN 4 Merlung belum mempunyai kerjasama dengan para alumni karena sekolah ini baru memiliki alumni  tahun 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, dan tahun 2016.


            3. Prestasi Yang Pernah Dicapai Oleh Sekolah

a.      Akademik
No
Kejuaraan
Tingkat
Tahun
1
2
3

Olimpiade kimia (III)
Olimpiade kebumian (II)
Olimpiade matematika (II)

Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
   
2011
2011
2011

a.       Non Akademik
No
Kejuaraan
Tingkat
Tahun

1
2
3
4


OOSN Lompat Tinggi
            Lari 100 m
            Lompat Jauh
            Karate


Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten


2011





Dusun Mudo,  1 Juli  2016
Kepala SMAN 4 Merlung




ERLIS, S.Pd.
NIP.19701027 199003 2 001

The Teachers

The Teachers

GURARU

BPPTIK

PUSLITBANG KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD

DITJEN P2TK DIKMEN

PADAMU NEGERI

SERGUR

BSNP

JARDIKNAS

PUSTEKKOM

BSE

BIDIK MISI

RUMAH BELAJAR

TVE

INDONESIA MENGAJAR

GEBYAR TIK JAMBI 2016

I NOT STUPID

TAARE ZAMEEN PAR

3 IDIOTS

MR. HOLLAND'S OPUS

MESTAKUNG

OLIMPIADE SOSIOLOGI UNNES 2013

LCC SOSIOLOGI 2014

Followers

GUEST BOOK